Hobi menulis memang memiliki sensasi yang seru dan unik; tentunya sensasi ini hanya dapat dirasakan bagi mereka yang hobi menulis. Di zaman modern seperti sekarang ini, zaman dimana ekspansi teknologi telah menyentuh keberbagai ranah, penggiat aktivitas menulis juga kecipratan untungnya. Dengan teknologi, penyebaran informasi kini semakin cepat. Untungnya? Paling tidak, artikel yang di-publish bisa dibaca orang. Selain itu, penggiat aktivitas menulis juga dapat berpenghasilan dengan weblogs. Lalu bagaimana caranya?

Daeng Situju sendiri adalah salah satu orang yang kecanduan menulis. Menurut Daeng Siuju, menulis adalah candu. Pada awalnya coba-coba, coba-cobanya dicoba terus, hingga akhirnya kini menjadi hobi. Meskipun terkadang dibuat suntuk jika ide tak jua muncul, atau jika ide tak bisa digambarkan dengan rangkaian kata, namun aktivitas ini tetap menyenangkan. Seru dan unik. Serunya jika artikel ter-publish sesuai dengan state atau kondisi atau perasaan atau apa yang diinginkan/dirasakan. Uniknya jika ketikan tiba-tiba terhenti karena apa yang ada dikepala tidak bisa menjelma menjadi rangkaian kata.

Kembali ke topik, bisakan kita berpenghasilan dengan weblogs? Mengapa tidak?! Diluar sana, sangat banyak orang yang telah sukses melalui hobi yang seru dan unik ini. Sebut saja Michael Arrington, pendiri techcrunch, yang dikabarkan dapat menghasilkan sekitar USD800.000 per-bulan; Peter Cashmore, pendiri Mashable dengan penghasilan sekitar USD600.000 per-bulan; dan Timothy Sykes, pendiri weblogs dengan penghasilan sekitar USD180.000 per-bulan. Itu baru 3, diluar sana masih banyak penulis lain yang sukses berpenghasilan melalui weblogs.

Tentu banyak yang berpikir, bagaimana dengan Daeng Situju? Mengapa Daeng Situju berani menulis artikel motivasi yang ia sendiri tidak mampu mewujudkan apa yang ia tuliskan? Masalah itu tidak usah terlalu dipikir. Daeng Situju memang belum sesukses mereka. Kendalanya salah satunya pada konsistensi. Seringkali hasrat untuk bermalas-malasan lebih besar dibanding hasrat untuk sukses. Belum lagi perjuangan melawan 'Mental block' yang pada akhirnya selalu berhasil mempecundangi Daeng Situju. Tapi sejauh ini, Alhamdulillah, sudah ada yang bisa dilihat. Paling tidak angka di akun Adsense Daeng Situju terus meningkat setiap harinya. Belum lagi jika mau menghitung reeki yang didapatkan lewat kontes menulis. Lumayanlah.

Bagaimana proses dari awal hingga mampu berpenghasilan sesuai dengan yang diharapkan? Sulitkah? Itu semua tergantung konsistensi. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa 'konsistensi adalah hal yang membedakan yang sukses dengan yang gagal, membedakan pemenang dan pecundang, dan membedakan putih dan hitam'. Ungkapan itu Daeng Situju yang mengatakan. Tulisan ini adalah tulisan pembuka, mengenai caranya akan dijelaskan nanti. Anda membaca tulisan ini, itu berarti Anda telah membuka jalan kesuksesan lewat menulis. Ada ungkapan yang berkata bahwa 'ketika Anda telah memulai, maka setengah dari perjalanan telah Anda lalui'. Ungkapan itu bukan Daeng Situju yang mengatakan, tapi seseorang yang Daeng Situju lupa namanya.

0 komentar:

Posting Komentar