Perlukah blog menggunakan domain berbayar? Tidak perlu. Jika Anda merasa nyaman dengan domain bawaan, maka pertahankan dan sebisa mungkin, tingkatkan rasa nyaman Anda. Perlu, jika Anda merasa bahwa domain merupakan identitas yang penting untuk ditunjukkan. Tidak ada keharusan untuk menggunakan domain berbayar.

Mengapa Daeng Situju menggunakan domain berbayar? Salah satunya karena komitmen. Salah duanya karena kebetulan harga domain sedang promo. Salah tiganya untuk mengejar mimpi ingin terkenal sebagai anonim. Salah empatnya karena Makassar bisa tonji.

Apa perbedaan domain berbayar dan domain bawaan? Rasa-rasanya, jika domain berbayar, semangat menulis lebih tinggi. Untuk sementara, menurut Daeng Situju, jawabannya hanya sesingkat itu. Lalu jika semangat menulis tinggi, untungnya? Pertama, hobi tersalurkan. Kedua, melatih perkembangan otak untuk berpikir. Ketiga, sedikit bangga karena banyak tulisan yang terbit. Paling tidak Anda membacanya, meskipun yang Anda baca mungkin hanya judulnya saja. 

Domain berbayar atau tidak, kualitas kontenlah yang membedakan. Konten yang berkualitas itu seperti apa? Konten yang unik; lahir dari pemikiran sendiri; yang tidak ada duanya. Lalu, bagaimanakah ciri-ciri konten yang unik itu? Konten unik itu adalah konten atau tulisan yang lahir dari pemikiran Anda sendiri. Contohnya seperti konten yang sedang Anda baca saat ini. Konten ini tidak ada duanya. Jika Anda menemukan tulisan yang sama persis dengan tulisan ini, maka tentu tulisan tersebut adalah hasil bajakan. Mana ada konten setidak-jelas konten ini?!


0 komentar:

Posting Komentar