Hari ini, Sabtu, 11 Juni 2016 03.00 WITA, menjadi salah satu hari bersejarah dan spesial bagi masyarakat Perancis. Dikatakan bersejarah karena hari ini adalah hari dimana perhelatan sepak bola akbar, EURO, dimulai; dan dikatakan spesial karena perhelatan sepak bola akbar tersebut jatuh pada bulan Ramadhan. Perancis, salah satu negara benua Eropa yang banyak memiliki warga muslim tentunya akan mengingat hari yang luar biasa ini. Mungkin, istilah EUROMADHAN adalah istilah yang tepat untuk menyimpulkan EURO dan Ramadhan menjadi satu kata.

Tidak hanya untuk masyarakat Perancis saja, kami masyarakat Indonesia, juga turut menyambut dengan gembira kedua moment tersebut. Terlebih lagi, pentas atau perhelatan sepak bola akbar ini disiarkan melalui saluran TV tepat pada jam-jam strategis; diantaranya setelah perhelatan sholat tarawih dan pada jam makan sahur. Jika bukan dibulan Ramadhan, maka harus ada alasan khusus bagi kami untuk menontonnya. Bisa jadi karena salah satu yang bertanding adalah negara yang diunggulkan atau negara yang menjadi jagoan, bisa jadi pula karena ada kepentingan khusus yang tidak perlu dibahas disini. Anda tahu sendirilah, akhir drama pertandingan sepak bola itu biasanya berujung pada acara 'traktir makan', 'cash-out', atau terpaksa 'meng-ikhlas-kan' sesuatu untuk seseorang yang timnya menang melawan tim pilihan kita. Daeng Situju doakan agar pertandingan tim andalan Anda yang berlaga di Perancis tidak berujung pada 'ternodanya' khidmat Ramadhan di Indonesia tahun ini.

Ngomong-ngomong, apakah Anda sudah menentukan negara yang akan menjadi jagoan Anda?

Berhubung pembukaan EURO 2016 sudah dilaksanakan beberapa jam yang lalu; dan saat ini tim pertama sudah mulai berlaga, kebetulan jam makan sahur juga sudah masuk, mari kita menyaksikan laga perdana didepan TV di rumah masing-masing.


0 komentar:

Posting Komentar